Luar Negara

Anak Jokowi diumum calon Naib Presiden Indonesia

Bergandingan dengan Prabowo dalam pilihan raya 2024

JAKARTA – Anak sulung penyandang Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka diumum sebagai calon Naib Presiden dalam pilihan raya Presiden yang akan datang.

Pencalonan Raka dimumkan oleh calon Presiden Indonesia dari perikatan Gabungan Indonesia Maju, Prabowo Subianto.

“Gabungan Indonesia Maju telah melakukan perbincangan akhir dan bersetuju mencalonkan Prabowo Subianto sebagai calon Presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Naib Presiden,” kata Prabowo dari Parti Gerindra ketika membuat pengumuman tersebut di kediamannya di Jakarta semalam, lapor ANTARA.

Menurut Prabowo yang ketika ini menjawat jawatan sebagai Menteri Pertahanan, keputusan tersebut diambil secara sebulat suara, dan semua parti anggota gabungan Indonesia Maju mencapai konsensus mengenai keputusan tersebut.

Hadir sama ketika pengumuman tersebut termasuk beberapa ketua parti anggota gabungan termasuk Ketua Golkar, Airlangga Hartarto; Ketua Parti Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan; Ketua Parti Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra dan Ketua Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Bagaimanapun, Raka, yang juga Datuk Bandar Kota Surakarta tidak hadir ketika pengumuman itu dibuat.

Pada Sabtu lalu, Golkar mencadangkan Raka bergandingan dengan Prabowo dalam pemilihan presiden 2024.

Pasangan Subianto-Raka belum menyerahkan pencalonan mereka di Komisi Pemilihan Umum (KPU), sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sudah menghantar pencalonan pada Khamis lepas.

Proses pendaftaran pencalonan pasangan calon Presiden dan Naib Presiden adalah dari 19 hingga 25 Okt 2023.

Show More

Related Articles

Back to top button